Apa Isi Proyek Menulis Ch.?

Beberapa hari semenjak work from home, orang di sekitar gue menggaungkan bahwa ini adalah saat yang tepat untuk produktif. Inilah kesempatannya. Mereka memberikan contoh dengan Newton yang menemukan teori gravitasi ketika Inggris dilanda pandemi.

Sialnya, gue bukan Newton dan beberapa yang lain meminta gue untuk santai saja. Yang kita hadapi adalah pandemi dan krisis dan tidak perlu berlomba menjadi yang paling produktif.  

Beruntung gue pulang dari kosan membawa harddisk. Gue pun iseng membuka tulisan-tulisan lama yang ada di sana. Mulai dari ebook Keriba-Keribo tahun 2014 dan Tunggang Langgang 2016. Meskipun aktivitas gue di kantor juga sebagai penulis, tapi rasanya kangen juga bisa menulis bebas kayak gitu.

Gue kangen punya perasaan mikirin tulisan sepanjang hari. Gue kangen tidur larut sendirian. Berkutat dengan kalimat-kalimat yang gue rangkai. Gue kangen bangun dan mikirin gimana caranya melanjutkan tulisan gue yang kemarin. Membacanya lagi, lalu ketawa dari jokes yang gue ciptakan sendiri. Gue kangen sok-sokan mendesain cover (yang mana itu keputusan buruk). Gue jadi ingat bagaimana perasaan itu mendorong gue untuk membuat cerpen Grey. Perasaan pengin cepat-cepat pulang ke kosan untuk melanjutkan tulisan. Sampai akhirnya Grey menjadi cerpen pendek yang nggak pendek. :p

Pada akhirnya, gue memutuskan untuk membuat ebook lagi.

Tentu, setelah perjalanan panjang itu semua, gue pengin bikin satu mainan yang seru lagi. Dan iya, kali ini gue akan bekerjasama dengan desainer benaran (lol). Bagaimanapun juga, saat ini gue sudah punya penghasilan dan tidak muda lagi dan Nyokap mulai nanyain cucu. Bentar, ke mana arahnya tulisan ini?

Intinya, gue pengin ini menjadi ebook yang berbeda dari ebook gue sebelumnya. Gue juga pasti bakalan lebih serius dalam penggarapan. Baik dari segi tulisan, desain, ilustrasi, keikutsertaan pembaca, dan lainnya, dan lainnya lagi.

Maka, sebagaimana yang gue tulis di bio, halaman Karyakarsa ini akan menjadi tempat gue menceritakan perjalanan tentang karya tulis gue yang paling baru. Gue akan buka-bukaan semuanya di sini.

Sampai saat ini, gue belum punya mock up title untuk ebook ini. Gue masih menyebutnya dengan “Proyek Ch.” Berasal dari “chorus”, bagian yang biasanya berulang pada sebuah lagu. Tapi, karena nggak sreg sama kata “chorus”, akhirnya gue potong aja jadi Ch. doang.

Kalau Keriba-Keribo adalah tentang hidup bego-begoan gue dan Tunggang Langgang adalah bagaimana seseorang bertahan di habitat yang salah, cerita-cerita dalam Proyek Ch. adalah tentang milestone. Setiap dari kita pasti mengalami kejadian-kejadian yang mengubah hidup. Mungkin kita merasa suatu hal erlalu “sinetron” untuk ada di kehidupan nyata, sampai kita mengalaminya sendiri. Mungkin, kalau anak gue bertanya tentang hidup gue, kisah ini lah yang akan gue ceritakan. Kita semua pasti punya kakek/nenek yang selalu mengulang cerita yang sama tentang hidupnya. Dan itulah Proyek Ch. Saat gue menyusun daftar bab dari ebook ini, di dalamnya akan ada 16 cerita lepas. Dan iya, ini masih bisa berubah. Bisa kurang, atau malah bertambah.

Beberapa cerita dalam proyek Ch. adalah pertama kali jadian sama cewek posesif, menjadi laki-laki yang nggak peka, penyakit pneumothorax yang gue alami, pengalaman gue dan Bokap, pacaran seminggu, sampai kondisi Covid-19 ini.

Jadi, bersiaplah.

Kita bikin mainan baru lagi sama-sama.

Ps: gemes banget euy pengin cepet-cepet ngerampungin ini! Tapi gak pengin diburu-buru juga.

Karya ini GRATIS! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi 🥰

Kategori karya
Blog

Kolom Komentar

Apakah konten ini melanggar ketentuan yang berlaku sesuai termin Karyakarsa? harap laporkan.